Lingga Satu
Lifestyle

5 Tips Membangun Rasa Percaya Diri Untuk Memulai Bisnis

Linggasatu.com — Dikenal memiliki banyak ide dan segudang inovasi, generasi milenial semakin tertarik untuk memiliki bisnis di usia muda. Terlihat oleh kita begitu banyaknya industri kreatif yang mulai tumbuh, membuat persaingan bisnis sekarang semakin ketat. Bagi kamu yang di dalam hatinya memiliki keinginan untuk meramaikan industri kreatif lewat jalan berbisnis, modal paling awal yang harus dimiliki adalah mental (nyali) dan rasa percaya diri yang tinggi untuk berani memulainya.

Rasa percaya diri sangat penting untuk mengemukakan ide yang kamu miliki layak untuk didengar oleh dunia bahwa kamu bisa melakukannya menjadi modal yang tidak kalah penting selain modal materi. Untuk itu, buat kamu yang masih minim rasa percaya diri tapi kaya ide, 5 tips awal ini bisa kamu terapkan untuk berani memulai bisnis.

1. Tuliskan secara detail apa kelebihan bisnismu

Jurnal Id

Salah satu faktor suksesnya sebuah bisnis adalah produk atau jasa yang mereka hasilkan memiliki dampak dan manfaat yang bisa dirasakan pengguna. Untuk itu, agar kamu bisa percaya diri mewujudkan ide yang ada di kepala kamu menjadi sebuah kenyataan, mulailah dengan menulis setiap kelebihan dari ide yang kamu miliki. Kelebihan yang kamu tulis akan memudahkan kamu untuk menemukan manfaat atau dampak yang nantinya akan bisa dirasakan oleh calon pelanggan kamu.

2. Yakini bahwa ide kamu itu akan berhasil

Foto : Int

Setelah mengetahui semua kelebihan dari ide yang akan kamu jalankan, mulailah untuk meyakininya dengan sepenuh hati bahwa ini akan berhasil. Energi positif yang terus ada dalam diri kamu akan memberikan aura positif bagi bisnis kamu ke depannya. Kalau bukan kamu orang yang percaya, lantas siapa lagi?

3. Kenali siapa kompetitor kamu

Maxmanroe.com

Mengenal kompetitor secara dalam sangat penting untuk membuat kualitas bisnis yang ingin kamu jalankan lebih baik. Kamu bisa belajar banyak hal dari pengalaman kompetitor dalam menjalankan bisnis dengan jenis yang sama. Dengan banyak belajar, makin kaya pengetahuan yang kamu miliki sehingga kamu semakin percaya diri untuk menjalankan bisnis tersebut. Anggap cara ini sebagai persiapan kamu sebelum terjun ke dunia bisnis yang sebenarnya.

4. Berani memulai

Kompasiana.com

Ide tanpa eksekusi hanya akan jadi ide belaka yang tak akan dikenal, karena  itu beranikan dirimu  untuk memulainya. Tanpa berani memulai kamu tidak akan pernah tahu hasil yang akan kamu dapatkan, dengan berani memulainya kamu akan menemukan insight baru yang bisa dijadikan bahan pelajaran dan pengalaman yang nantinya membuat kamu merasa lebih percaya diri.

5. Jangan takut membuat kesalahan

Gattheating.com

Jangan pernah takut membuat kesalahan, tapi takutlah jika kamu tidak melakukan apa-apa dalam hidup ini. Rasa takut menjadi hal yang wajar saat ingin memulai sesuatu, tapi jangan biarkan rasa takut membuat langkah kamu berhenti untuk mewujudkan mimpi. Cobalah berpikir positif untuk lebih percaya diri dalam memulai bisnis.

Lewat hal sederhana di atas kamu sudah bisa meningkatkan rasa percaya diri dalam memulai bisnis. Intinya semangat dan mulai aja dulu!


Editor : Qiky
Penulis : Higo Fitur Ind