Lingga Satu
Nasional

Ayahnda Tutup Usia, KPK Izinkan Zumi Zola Melayat

Linggasatu.com — Kabar duka Zulkifli Nurdin, Mantan Gubernur Jambi dua periode (1999-2010), meninggal dunia pukul 20.05 WIB di Rumah Sakit Pondok Indah, Jakarta, Rabu malam.

Zulkifli Nurdin merupakan ayah kandung Gubernur Jambi nonaktif, Zumi Zola. Zola  saat ini tengah menjalani proses hukum Tipikor KPK.

Zulkifli Nurdin meninggalkan istri Ratu Munawaroh yang sebelumnya duduk sebagai wakil rakyat di DPR RI Dapil Jambi.

Kabar duka ini beredar di media sosial khususnya di Jambi. Pejabat Humas Pemprov Jambi juga membenarkan hal tersebut dan rencananya jenazah akan di makamkan di Jambi.

Dikutip dari Antara Jambi, Juru Bicara KPK, Febri Diansyah menyatakan, pihaknya telah mengizinkan Zumi keluar Rumah Tahanan (Rutan) KPK untuk hadir di rumah duka. Zumi diberikan waktu melihat sang ayah.

“Karena pertimbangan kemanusiaan, JPU tadi sudah izin untuk mengantar ZZ (Zumi Zola) ke rumah duka sembari menunggu penetapan hakim terbit,” kata Juru bicara KPK, Rabu (28/11)

Seperti diketahui Zumi Zola didakwa menerima gratifikasi sebesar Rp44 miliar dan satu unit mobil Alphard. Gratifikasi tersebut berasal dari Afif Firmansyah Rp34,6 miliar, Asrul Pandapatan Rp2,7 miliar, dan Arfan Rp3 miliar, US$30 ribu, serta Sin$100 ribu.

Diduga, gratifikasi itu digunakan Zumi Zola untuk melunasi utang-utangnya saat kampanye sebagai calon Gubernur Jambi. Zumi Zola juga didakwa mengalirkan uang tersebut untuk keperluan adiknya, Zumi Laza, yang akan maju sebagai calon Wali Kota Jambi.

Zumi pun telah dituntut 8 tahun penjara dan denda Rp1 miliar subsider 6 bulan kurungan. Tuntutan lainnya, jaksa KPK meminta majelis hakim mencabut hak politik Zumi selama lima tahun usai menjalani hukuman penjara.


Editor : Qiky
Sumber : Antara Jambi