Lingga Satu
Oto & Tekno

Bingung Yamaha Freego atau Honda Vario, Berikut Perbandingannya

LINGGASATU.COM — Skutik baru Yamaha FreeGo 125 masuk dalam segmen yang cukup berat. Karena, tidak hanya harus berhadapan dengan sesama skutik Yamaha 125cc, kehadirannya pun langsung menantang Honda Vario 125. Dari segi kisaran harga dan jantung mekanis, keduanya mirip-mirip. Lantas, bisakah FreeGo menggoyang tahta Vario 125 eSP di segmen skutik mesin 125 cc? Kita lihat perbandingannya.

Dilihat dari sudut dimensi dan desain FreeGo berbekal dimensi 1.905 x 690 x 1.100 mm (PxLxT), jarak sumbu roda 1.275 mm dan ground clearance 135 mm. Sementara Vario 125 berukuran 1.921 mm x 683 x 1.096 mm, dengan jarak antar-poros roda 1.280 mm dan 132 mm dari permukaan tanah. Dengan itu, Vario 125 sedikit lebih panjang bodi dan wheelbase-nya. Namun secara keseluruhan, keduanya punya dimensi nyaris sama, walau Vario terlihat lebih besar. Padahal bodi FreeGo sedikit lebih tinggi dari permukaan jalan.

Yamaha Freego | Foto : oto.com

Dari desain, FreeGo lebih minimalis, dengan pahatan desain tak setajam Vario serta tanpa memakai striping pemanis. Seperti yang dilakukan Honda untuk Vario 150, satu warna untuk satu bodi. FreeGo punya lampu sein dengan posisi unik, di bagian bawah windshield. Ukuran roda FreeGo juga unik, 12 inci, dibalut dengan ban tebal dan tapak lebar. Sedang Vario 125 memakai pelek 14 inci, namun terlihat cungkring karena ban tipis.

Bicara tentang fitur dan kepraktisan Bagasi jadi salah satu poin unggulan FreeGo. Kapasitasnya mencapai 25 liter, muat satu helm full face plus barang lain. Sementara Vario 125 cuma punya bagasi 18 liter. Biasanya hanya bisa menyimpan satu helm full face dan sudah tak menyisakan ruang. Baik FreeGo dan Vario 125 sudah dilengkapi lampu depan LED dan panel meter digital. Vario 125 juga sudah memakai LED untuk lampu belakang, sedang FreeGo menawarkan sistem lampu hazard sebagai standar bawaan.

Honda Vario | Foto : Oto.com

Vario 125 varian paling mahal punya idling stop system (ISS). Fitur yang mirip sudah bisa dijumpai pada varian tengah FreeGO S. Malah pada FreeGo S sudah mendukung keyless dengan Smart Key System, immobilizer dan sistem answer back. Vario, meski masih memakai anak kunci, paling tidak sudah dilengkapi alarm dan sistem answer back. Fitur lain dari FreeGo yang tak dimiliki Vario, soket elektrik yang bisa dipakai mengisi daya smartphone. Lucunya, FreeGo tak punya kompartemen penyimpanan di depan untuk menaruh smartphone, botol minum, maupun benda lain. Sedang Vario 125 punya dua kompartemen cukup besar di depan. Soal kepraktisan di area kokpit, Vario pemenangnya.

Trus bicara peforma kedua skutik tersebut, Meski kapasitas mirip, keduanya punya mesin dengan tekonologi berbeda. Dapur pacu Vario berpendingin cairan dan menyemburkan daya 11,1 PS pada 8.500 rpm serta torsi 10,8 Nm pada 5.000 rpm. Yamaha membekali FreeGo dengan mesin berteknologi Blue Core berpendingin udara yang menghasilkan tenaga 9,5 PS pada 8.000 rpm dan torsi puncak 9,5 Nm pada 5.500 rpm. Dari angka, Vario lebih besar outputnya.

Keduanya punya teknologi untuk starter mesin lebih halus. FreeGo punya Smart Motor Generator (SMG), Vario 125 punya ACG starter. Sedang konsumsi bahan bakar Vario 125 diklaim Honda 51,7 km/liter. FreeGo cuma diklaim bisa setara atau bahkan lebih irit dari Mio S. Teknologi pengereman, Vario 125 punya Combi Brake, yang membagikan deselerasi pada kedua roda saat tuas rem kiri ditarik. FreeGo punya ABS, tapi cuma di varian paling mahal.

Nah kesimpulan dari komparasi kedua skutik tersebut, merujuk dari beragam keistimewaannya dan fitur FreeGo punya penawaran yang lebih menarik dari Vario 125. Mulai dari bagasi sangat lapang, keyless (FreeGo S), Stop Start System (FreeGo S), socket elektrik dan lampu hazard. Dengan bekal itu, FreeGo punya potensi menggoyang tahta Vario 125 yang sangat populer. Tapi keputusan tetap ada di tangan Anda. Jadi, pilih Yamaha FreeGo atau Honda Vario 125?

Editor : Fikri
Source : Oto.com