Lingga Satu
Lingga

Dinkes dan Satpol-PP Lingga Tempel Plang Kawasan Bebas Rokok di Sejumlah Perkantoran

LINGGASATU.COM — Demi menguatkan identitasnya sebagai kawasan yang bersih dari asap rokok, Dinas Kesehatan Kabupaten Lingga dan Staf Puskesmas Dabo Lama bersama Satpol-PP Kabupaten Lingga keliling kesejumlah tempat untuk memasang plang Kawasan Bebas Rokok.

Kasi Penyakit Tidak Menular (PTM) Mas’ah bersama Staf Puskesmas Dabo Lama mengatakan, Adapun sejumlah tempat yang dipasang plang tersebut tujuannya tentu saja untuk mengingatkan pegawai atau masyarakat yang berkunjung ke lingkungan tersebut bahwa kawasan ini merupakan salah satu area yang bebas dari asap rokok.

“Tahun ini kita lakukan pemasangan di sejumlah kantor pemerintahan dan OPD, terutama yang berkaitan dengan pelayanan publik. Harapannya dengan terpasang plang, dapat merubah perilaku masyarakat tentang merokok. Bahwa ada tempat-tempat tertentu yang dilarang dan rencana nantinya pemasangan plang juga akan dilakukan ditempat ibadah” kata Kasi PTM. Rabu (23/01/2019)

Pada kegiatan tersebut adapun sejumlah perkantoran yang dipasang plang Kawasan Bebas Merokok dan disertai dengan penyerahan Perda No.4 Tahun 2016 yakni, Kantor Kejaksaan Negeri Lingga, Kantor Disnaker Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian, Kantor Imigrasi, Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, dan Kantor Badan Pendapatan Daerah.

Sementara itu Kabid Penegak Perda Satpol-PP Febrizal Taufik mengatakan, tahap ini pihaknya baru sebatas sosialisasi terkait tempat-tempat Kawasan Bebas Rokok, apabila ditemukan akan ditegur dan diberi peringatan.

“Kami berusaha mengubah mindset masyarakat, bahwa ada tempat tertentu yang dilarang merokok dan pada intinya lebih kepada pendekatan persuasif” Kata Taufik



Editor : Fikri
Penulis : Sakti