Lingga Satu
Lingga

Disdukcapil Lingga Daftarkan KIA Melalui WA

Linggasatu.com — Perkenalkan Kartu Identitas Anak (KIA) Disdukcapil Lingga luncurkan inovasi mempermudah masyarakat dalam pengurusan dengan mengunakan WhatsApp, Program KIA yang diluncurkan oleh pemerintah pusat ini bertujuan untuk meningkatkan pendataan untuk anak usia 0 sampai dengan 17 tahun kurang satu hari.

“ini program pemerintah pusat untuk anak 0 sampai dengan 17 tahun kurang 1 hari, manfaat KIA ini adalah sebagai tanda pengenal yang sah bagi anak dan banyak manfaat lainnya” kata Kepala Disdukcapil Lingga Syamsudi melalui Kabid Kependudukan Muhammad. Rabu (28/11/2018)

Muhammad juga mengatakan, untuk mempermudah masyarakat dalam kepengurusan, pihaknya telah melakukan inovasi dengan mengunakan smartphone, yang mana mereka bisa mendaftar tanpa harus datang kekantor.

“Orang tua yang mau mengurus KIA hanya tinggal kirim data lewat WhatsApp ke nomor 0822-8311-2058 atas nama Disdukcapil Lingga” kata Muhammad

Diterangkan lebih lanjut oleh Kabid Kependudukan ini, adapun langkah dan format yang harus dilakukan oleh pengurus, dirinya memberikan contoh format pendaftaran KIA dengan Ketik KIA (Spasi) NIK Anak, Nama Anak, Nama Desa/Kelurahan. (Contoh: KIA 2104012345678910, Dimas, Kelurahan Dabo). Selanjut menyertakan foto Kartu Keluarga (KK), foto KTP orang tua, foto Akte Kelahiran Anak dan Foto Anak untuk anak umur 0-5 tahun kurang sehari tidak perlu menyertakan foto.

“Jadi masyarakat tak perlu datang ke Capil cukup dengan mengirimkan data sesuai format dan menyertakan foto yang terlihat jelas oleh petugas” kata Muhammad

Disdukcapil Lingga juga telah mempersiapkan petugas disetiap desa untuk mempermudah masyarakat sebagai pemohon.


Editor : Qiky
Reporter : Sakti