Lingga Satu
Kepri

Ditabrak Kapal Tanker, Jembatan II Barelang Mengalami Kerusakan

LINGGASATU.COM — Pasca-ditabrak Kapal Tanker MT Eastern Glory yang sedang labuh jangkar di Barelang, Jembatan II Barelang mengalami kerusakan. Bahkan, ada beberapa titik yang dinyatakan kerusakannya cukup parah.

Kasubdit Pembangunan Jalan Jembatan BP Batam Boy Zasmita yang dikonfirmasi mengatakan, saat ini Jembatan II Barelang mengalami kerusakan yang cukup serius, di antaranya di bagian pile cap dan box girder jembatan.

Pile cap merupakan elemen struktur yang berfungsi untuk menyebarkan beban dari kolom ke tiang-tiang jembatan.

“Untuk pile cap ada lima titik yang mengalami kerusakan cukup serius,” kata Boy Zasmita, Kamis (24/1/2019).

Sementara, box girder merupakan struktur atas jembatan, yang terdiri dari balok-balok penopang utama yang berbentuk kotak berongga, yang terdiri dari elemen beton pratekan, baja struktural, atau komposit baja dan beton bertulang.

“Namun, tidak menutup kemungkinan, masih ada kerusakan lainnya yang diakibatkan hantaman Kapal Tanker MT Eastern Glory,” ujar dia.

Seperti dikutip dari Kompas.com, Boy mengatakan, visual yang tertangkap sejauh ini baru sebatas pile cap dan box girder, belum diketahui bagaimana kondisi bagian yang lainnya.

Boy berharap, pihak terkait dapat bertanggung jawab dalam memperbaiki dan mengganti sejumlah kerusakan di Jembatan II.

“Secepatnya kami akan lakukan pemeriksaan secara keseluruhan, mengingat jembatan ini merupakan jembatan penghubung beberapa pulau yang ada di Kota Batam,” terang dia.

Boy menyatakan, pasca-insiden ini, akses ke jembatan itu akan ditutup sebagian sementara dan baru akan dibuka setelah proses perbaikan jembatan selesai.

“Untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan, untuk sementara Jembatan II Barelang ini akan ditutup, dan akses jalan hanya akan dibuka satu arah sampai proses perbaikan selesai,” ujar dia.

Editor : Sakti