Lingga Satu
Nasional

Foto e-KTP Guohui Chen Disoroti, Kemendagri Stop Cetak e-KTP

LINGGASATU.COM — Polemik pencetakan e-KTP bagi WNA (Warga Negara Asing) menjadi sorotan publik setelah media sosial diramaikan dengan foto e-KTP milik nama Guohui Chen. Gambar itu dikaitkan dengan potensi pelanggaran pemilu. Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mewacanakan akan menyetop percetakan e-KTP hingga Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 selesai terselenggara. Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Dirjen Dukcapil) Zudan Arif Fakrulloh mengatakan langkah penyetopan ini diambil demi menciptakan situasi yang kondusif jelang Pilpres 2019.

“Agar semuanya kondusif, ditahanlah sampai 50 hari ke depan. Boleh dicetak pada 18 April,” kata Zudan kepada wartawan di kantornya, Rabu (27/2).

Dikutip dari CNNIndonesia, pihaknya harus memberikan sosialisasi lagi ke masyarakat bahwa penerbitan e-KTP bagi WNA merupakan hal yang sesuai dengan ketentuan undang-undang.

Seperti diketahui foto e-KTP dengan nama pemilik Guohui Chen ramai dibicarakan di media sosial, dan dikaitkan dengan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

Editor : Kiky