Lingga Satu
Lifestyle

Kenali Dampak Dari Pembakaran Sampah Bagi Kesehatan

LINGGASATU.COM — Membakar sampah kering dihalaman rumah atau dikebun sudah menjadi kebiasaan bagi kita untuk membersihkan halaman rumah atau kebun dari tumpukan sampah yang telah mengering, namun tindakan tersebut dapat membahayakan diri sendiri juga orang lain, sebenarnya tindakan seperti ini sudah ada larangannya dari pemerintah dan telah diatur oleh undang-undang. Hal tersebut dapat membahayakan lingkungan dan kesehatan.

Dikutip dari Alodokter.com, akibat dari pembakaran tersebut dapat mengakibatkan gangguan pernapasan hingga penyakit kronis.
Berikut 3 dampak gangguan kesehatan yang dapat terjadi dari pembakaran sampah.

1.Asap Pembakaran

Asap dari pembakaran sampah dapat menghasilkan bahan berbahaya yakni karbonmonoksida, formaldehida, arsenik, dioksin dan furan.
Seseorang yang menghirup asap dari pembakaran sampah tersebut dapat memiliki gangguan resiko kesehatan yang diakibatkan oleh hasil dari zat berbahaya yang ditimbulkan oleh asap pembakaran.
Gangguan ini bisa mulai dari yang sederhana, seperti batuk, mata merah atau berair, hidung terasa perih seperti terbakar, mual, dan sakit kepala.

Paparan dioksin bahkan berisiko menyebabkan beberapa jenis kanker, gangguan hati, gangguan pada sistem kekebalan tubuh, serta gangguan pada sistem reproduksi.

2. Kontaminasi Abu dan asap pembakaran

Setelah dibakar, sampah akan menyisakan residu berupa bahan kimia berbahaya, yang bisa saja terserap tanaman sayuran atau buah yang tumbuh di sekitarnya.

Manusia bisa ikut terpapar jika mengonsumsi sayuran dan buah tersebut.

Tidak hanya tanaman, zat berbahaya ini bahkan juga bisa terkandung dalam susu, daging, dan telur dari hewan yang terpapar zat tersebut, melalui tanah yang sudah terkontaminasi.

Bahan makanan ini kemudian juga bisa memengaruhi kesehatan manusia, jika dikonsumsi dalam jangka panjang.

3. Bermain di area sekitar pembakaran

Selain pada udara, bahan kimia berbahaya ini juga bisa terdapat pada abu sisa pembakaran dan membahayakan anak-anak yang bermain di sekitar area.

Dampak-dampak ini yang sangat membahayakan lingkungan dan kesehatan kita, dampak dari pembakaran ini tidak semuanya terlihat dan tersa oleh kita akan tetapi akan melalui proses panjang dan bahkan bisa menjadi kronis. Selain itu pembakaran sampah dan membakar sampah disembarang tempat tanpa dikontrol dengan benar dapat menyebabkan kebakaran dan merugikan kita.

Stop bakar sampah dan pembakaran hutan sayangi kesehatan dan lingkungan kita.

Source : Alodokter.com
Editor : Fikri