Lingga Satu
Kepri

Polda Kepri Gagalkan Pengiriman Pekerja Ilegal ke Malaysia

Linggasatu.com — Polda Kepri melalui Ditpolair Korpolairud Baharkam telah berhasil menggagalkan pengiriman Pekerja Migran Indonesia illegal di teluk mata ikan perairan Nongsa, Batam.

Pengungkapan pekerja imigran ini digagalkan pihak kepolisian pada 14 November 2018 lalu oleh Personel Korpolairud dengan mengunakan Kapal Polisi Baladewa 8002, dari hasil pengungkapan tersebut diamankan dua orang Tersangka yakni seorang Nakhoda berinisial Y dan satu ABK berinisial OA dan barang bukti satu unit Speed Boat.

 

“Telah diamankan dua orang tersangka Nakhoda dan ABK nya beserta Speed Boat yang digunakan untuk mengangkut imigran ilegal tersebut” kata Kombes Pol Drs. S Erlangga pada press release di Mako Polda Kepri. Senin (19/11)

Pada press release tersebut Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol Drs. S. Erlangga didampingi Dirpolairud Polda Kepri, Kbp Benyamin Sapta SIK memaparkan, Sebanyak 24 empat orang imigran indonesia yang terdiri dari 22 orang Laki-laki dan 2 orang Wanita tanpa dokumen ini akan diberangkatkan oleh tersangka menggunakan Speed Boat bermesin tempel Merk Yamaha 200 pk ke Malaysia.

“imigran tanpa dokumen ini akan diberangkat oleh tersangka ke Malaysia dengan mengunakan Speed Boat” ujarnya

Atas perbuatannya Tersangka dijerat dengan Pasal 81 jo pasal 69 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 18 tahun 2017 tentang Pelindungan Pekerja Migran Indonesia, dengan ancaman pidana penjara paling lama 10 Tahun dan denda paling banyak Rp. 15.000.000.000,00 (lima belas Milyar).


Editor : Qiky
Sumber : Humas Polda Kepri