Lingga Satu
Lingga

18 Warga Rutan Dabo Khatam Al-Qur’an

Linggasatu.com — Warga binaan Rumah Tahanan Dabo Singkep menggelar Khataman Al-Quran massal. Kegiatan tersebut menurut Kepala Rutan Dewanto sudah sering dilakukan namun baru kali ini di tahun 2019 jumlahnya cukup banyak yaitu mencapai 18 orang.

“Pendidikan masalah agama merupakan program utama yang dibuat oleh Rutan Dabo Singkep, kita sangat berharap agar mereka lebih mendekatkan diri kepada Allah, dan Alhamdulillah khatam berjalan dengan lancar” kata Dewanto Kamis (10/01/2019)

Dewanto Kepala Rutan Dabo Singkep

Ditambahkan Dewanto, selain khataman Al-Qur’an pihaknya juga sering mengelar tausyiah dan doa bersama untuk warga binaan dengan mendatangkan Ustad Umarani. Kegiatan ini dilaksanakan untuk mendekatkan diri para warga binaan kepada Allah SWT serta menjadikan Al-Quran sebagai pedoman hidup untuk membentuk warga binaan menjadi manusia yang lebih baik lagi.

“Maksud dan tujuan kegiatan ini untuk memberikan pembekalan, sehingga mereka dapat menambah keimanan. Selain itu, kegiatannya bertujuan agar dapat menunjang kegiatan mereka setelah bebas nanti,” imbuhnya

Rumah Tahanan Dabo Singkep – Jln. Pahlawan No.01 Dabo Singkep

Dewanto juga menuturkan, pihaknya telah memberikan pelatihan kepada warga binaan secara duniawi. Untuk mengimbanginya, pihaknya juga memberikan pelatihan dan pembinaan ukhrawi dalam bentuk siraman rohani yang bertujuan untuk meningkatkan iman dan takwa warga binaan, sehingga kedepannya tidak lagi mengulangi kesalahannya.

“Artinya setelah mereka tahu semua itu, begitu bebas mereka tidak lagi menjadi residivis, tetapi menjadi masyarakat yang produktif dan aktif serta berguna dilingkungan masyarakat disekitarnya” terangnya

Editor : Fikri
Penulis : Oni