Lingga Satu
Oto & Tekno

6 Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang WhatsApp Messenger

LINGGASATU.COM — Saat Anda mencari alternatif untuk aplikasi panggilan dan SMS dengan beberapa fitur elegan sebagai lawan dari fungsi dasar perpesanan, WhatsApp Messenger mungkin yang Anda cari. Sebagai aplikasi perpesanan multi-fungsi yang dimiliki Facebook, WhatsApp menjadi salah satu aplikasi panggilan dan obrolan paling populer saat ini.

WhatsApp menggabungkan kemudahan penggunaan dengan layanan yang dicari seperti enkripsi end-to-end, panggilan internasional berbasis internet gratis, kompatibilitas lintas platform, jangkauan global yang luas, dan bahkan versi desktop. Ini beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang WhatsApp:

1. Panggilan international gratis

WhatsApp menggunakan koneksi seluler atau Wi-Fi ponsel Anda untuk memfasilitasi pengiriman pesan dan panggilan suara ke hampir semua orang. Baik sendirian atau dalam grup, aplikasi sangat baik untuk keluarga dan kelompok kerja kolaboratif kecil.

Aplikasi ini memungkinkan Anda melakukan panggilan, dan mengirim dan menerima pesan, dokumen, foto, dan video. WhatsApp benar-benar gratis tanpa biaya atau berlangganan karena menggunakan 4G, 3G, 2G, EDGE, atau koneksi Wi-Fi ponsel Anda sebagai ganti menit suara atau paket teks paket seluler Anda.

Jika Anda terhubung melalui Wi-Fi, itu tidak akan makan ke dalam paket data internet Anda. Popularitasnya didukung oleh dukungannya untuk panggilan gratis di seluruh dunia, bahkan jika orang yang mengobrol tidak berada di negara yang sama.

2. Obrolan dan panggilan yang mudah

WhatsApp adalah platform agnostik. Anda tidak perlu memiliki merek ponsel yang sama dengan penerima panggilan Anda atau berada pada platform tertentu. Mulai dari aplikasi yang bekerja pada iPhone, Android, dan ponsel Windows, dan komputer desktop atau laptop Mac atau Windows, yang dapat digunakan untuk mengirim dan menerima pesan.

Seperti halnya messenger lainnya, Anda dapat memulai percakapan dengan seseorang atau grup dan obrolan video dengan maksimal empat orang. Versi iOS juga memiliki dukungan dalam aplikasi untuk pemutaran video dari Instagram dan Facebook.

Anda juga dapat membagikan lokasi Anda, menyiarkan status Anda ke kontak Anda, berbagi kontak, mengatur wallpaper yang disesuaikan dan peringatan notifikasi, riwayat obrolan email, menggunakan kamera untuk mengambil foto dan video dari dalam aplikasi, dan secara bersamaan menyiarkan pesan ke beberapa kontak.

3. Keamanan

WhatsApp memiliki sejumlah fitur keamanan canggih, memiliki enkripsi end-to-end, seperti Apple iMessage dan Signal. Semua pesan yang mengalir melalui platform diamankan sehingga hanya pengirim dan penerima yang dapat melihatnya.

WhatsApp tidak dapat membaca pesan Anda, bahkan jika ingin. Aplikasi ini tidak menyimpan informasi pribadi Anda, dan hanya orang yang Anda setujui sebagai kontak yang dapat mengirimi Anda pesan.

Dengan meningkatnya jumlah layanan internet seperti Google dan Facebook, WhatsApp menggunakan otentikasi dua faktor, yang telah Anda ketik kode sandi kedua yang dikirim ke ponsel Anda melalui pesan teks untuk mengakses akun Anda.

Pesan grup dapat bertentangan dengan beberapa pengaturan privasi, namun, jika Anda telah memblokir seseorang, mereka masih dapat muncul dalam pesan grup yang dapat Anda lihat.

4. Jangkauan Global

Meskipun memiliki banyak kelebihan, WhatsApp bukan satu-satunya permainan di kota ini. Di antara pesaing aplikasi adalah Line, imo, Kakao Talk, WeChat, Kik, dan Viber Messenger. WhatsApp umumnya mengambil pendekatan luas untuk menjangkau sebanyak mungkin orang di seluruh dunia.

Menurut laporan Market Intelligence Insights , WhatsApp semakin populer dibandingkan dengan pesaingnya, bahkan merambah saudaranya sendiri, Facebook Messenger. WhatsApp sekarang menjadi aplikasi pesan terkemuka di 112 negara, sementara Messenger adalah aplikasi terkemuka di 57 negara.

Aplikasi ini mendominasi di India, Jerman, Rusia, dan Inggris yang melayani lebih dari 1 miliar orang di seluruh dunia. Perkiraan baru-baru ini oleh eMarketer memperkirakan bahwa 52 persen populasi Hispanik AS akan menggunakan WhatsApp pada akhir 2019.

Selain itu, menghitung bahwa basis pengguna Hispanik platform telah berkembang  menjadi 32 juta selama beberapa tahun terakhir, didorong oleh keunggulan finansial dan luasnya. eMarketer memperkirakan bahwa pertumbuhan populasi ini akan terus berlanjut hingga 2023, ketika 47 juta warga AS Hispanik atau 70,7 persen dari populasi itu, akan berada di platform WhatsApp.

5. Versi web

WhatsApp Web adalah versi desktop dari aplikasi seluler yang beroperasi dalam browser Mac atau Windows standar (kecuali Internet Explorer). Namun, tidak menawarkan semua layanan yang tersedia di aplikasi seluler.

Semua yang Anda lakukan di web akan disinkronkan dan muncul di aplikasi iPhone atau Android, sehingga semua obrolan Anda disinkronkan, tapi versi web tidak menawarkan fitur panggilan. Versi bisnis memungkinkan perusahaan mengakses WhatsApp untuk berinteraksi dengan pelanggan.

6. Kelemahan WhatsApp

WhatsApp tidak memiliki banyak kelemahan dari perspektif pengguna, tapi ada beberapa. Pertama, Anda hanya dapat berkomunikasi dengan orang-orang yang memiliki aplikasi, sehingga mungkin perlu sedikit membujuk untuk mendapatkan teman dan keluarga.

Meskipun panggilan gratis, masih mungkin untuk mengumpulkan biaya data, jadi pengguna harus berhati-hati. Juga, dengan WhatsApp, Anda tidak dapat menghubungi 911 atau layanan darurat lainnya.

Editor : Fikri
Source : Tempo.co