Lingga Satu
OlahRaga

Apa Sih Exceeding Track Limit Itu? Valentino Rossi Merasakan di FP3 MotoGP Belanda

LINGGASATU.COM — Valentino Rossi sempat keki dengan hasil kombinasi latihan resmi 3 (FP3) MotoGP Belanda di sirkuit Assen, (29/6/2019).

Valentino Rossi tampak kesulitan mendapatkan setting motor yang diinginkannya. Kontras dengan pembalap Yamaha lainnya, seperti Maverick Vinales, Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli.

Ketiganya seperti enteng saja mencatatkan waktu tercepat dan berhasil masuk 10 besar terbaik hasil kombinasi latihan resmi.

Hasil itu syarat untuk langsung lolos ke sesi kualifikasi 2 (Q2). Sebenarnya, Valentino Rossi berhasil mencetak waktu tercepat untuk bisa langsung lolok ke Q2 MotoGP Belanda.

Valentino Rossi melakukan hal itu di sisa satu menit FP3 MotoGP Belanda. Rossi berhasil merangsek tembus 5 besar hasil kombinasi latihan resmi.

Akan tetapi, catatan waktu itu dibatalkan. Gara-gara Valentino Rossi melakukan pelanggaran exceeding track limit. Artinya, Valentino Rossi melewati batas sirkuit di sisi paling luar kerb (pembatas sirkuit dengan warna-warni).

Dilansir dari Motorplus.com, Valentino Rossi melibas bagian luar kerb di tikungan terakhir jelang garis finis. Padahal, Valentino Rossi hanya bagian ban belakang yang keluar batas luar kerb.

Namun, aturan adalah aturan dan Valentino Rossi terbukti melanggarnya. Alhasil, Valentino Rossi dihitung dari catatan waktu terbaik sebelumnya dan menempati posisi tercepat ke-14 secara keseluruhan. Valentino Rossi pun gagal langsung lolos ke Q2 dan harus melakoni Q1 lebih dulu.

Lebih jelas Valentino Rossi melakukan exceeding track limit, langsung simak video yang diunggah via Twitter akun @motogp berikut.

Editor : Fikri
Source : Motorplus-online