Lingga Satu
Lingga

Disbud Lingga Gelar Pengumpulan Benda-benda Cagar Budaya

Linggasatu.com — Pemerintah Kabupaten Lingga melalui Dinas Kebudayaan gelar kegiatan Gerakan Sayang Benda Cagar Budaya (GSBCB) dengan mengusung tema “Melalui Pengumpulan Benda-benda Eks. Industri Timah Singkep dan Eks. Kesultanan Lingga, Kita Tingkatkan Pelestarian Cagar Budaya, Bunda Tanah Melayu yang Bertamadun” kegiatan ini berlangsung dihalaman Gedung Nasional Dabo Singkep. Kamis (27/12/2018)

Serangkaian prosesi acara hibah benda cagar budaya, Wakil Bupati lingga M. Nizar dan Sekda Lingga Juramadi Esram serta Kepala Disbud M. Ishak | Foto : FikriLingga84

Pengumpulan benda-benda yang diduga barang cagar budaya ini langkah rintisan dalam persiapan pembangunan museum timah, Dinas Kebudayaan Kabupaten Lingga berkeyakinan akan mendapat dukungan yang besar dari masyarakat Lingga, yang mana masyarakat Lingga pernah mengecap manis nya masa kejayaan kesultanan hingga paska kejayaan tambang timah di Singkep, dengan adanya museum timah nantinya masyarakat bisa mengenang kembali dan memperkenalkan ke anak cucu.

Kepala Dinas Kebudayaan Lingga M. Ishak pada kesempatan itu berharap kepada masyarakat untuk memberikan dukungan dan kerjasamanya, yang mana saat ini dinas yang dinaunginya sedang getol dalam mengumpulkan benda-benda yang diduga memiliki nilai historis dan peninggalan sejarah sejak jaman kesultanan hingga era kejayaan tambang timah.

“Harapannya masyarakat mau menghibahkan barang-barang yang memiliki nilai historis sejak jaman kesultanan hingga era kejayaan timah yang nantinya akan kita pajang di museum” ungkapnya

Masih kata Ishak, dirinya masih terus berburu dan berharap masyarakat kabupaten Lingga yang memiliki benda-benda terkategori benda cagar budaya dapat untuk ikut berpartisipasi menghibahkan benda-benda tersebut ke dinas kebudayaan kabupaten Lingga.

Pada kegiatan pengumpulan benda-benda Cagar Budaya tersebut salah satu penghibah yakni Junaidi Adjam, telah menghibahkan dua benda yang berbentuk piala, benda tersebut dihibahkannya karena barang tersebut dianggap mempunyai nilai historis yang tinggi pada masa kejayaan timah dan benda tersebut dapat memberikan gambaran bagaimana jaya nya tambang timah pada masa itu.

Dua piala hibah dari Hermasyah dan Junaidi Adjam | Foto : FikriLingga84

“Dalam kegiatan ini saya menghibahkan dua benda berbentuk piala, semoga bermanfaat untuk museum timah nantinya” kata Junaidi Adjam

Kegiatan Gerakan Sayang Benda Cagar Budaya (GSBCB) ini tampak dihadiri oleh Bupati Lingga Alias Wello, Wakil Bupati M. Nizar, Ketua DPRD Riono, Kapolres Lingga, Kajari Lingga dan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Lingga, tokoh agama, tokoh masyarakat serta mantan karyawan dan keluarga kerabat yang pernah bekerja di PT. Timah Singkep.

Editor : Fikri
Penulis : Sakti