Lingga Satu
Lingga

Kemenag Lingga Minta Calon Jemaah Haji Mematuhi Jadwal

LINGGASATU.COM — Pemerintah Kabupaten Lingga bersama Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Lingga gelar rapat koordinasi pelepasan calon jamaah haji musim 1440 H, yang akan dilepas secara resmi pada 4 Juli 2019 mendatang di Masjid Az Zulfa Dabo Singkep. Rapat koordinasi berlangsung diruangan rapat Bupati Lingga, Daik Lingga. Jumat (14/6/2019)

Pada kesempatan tersebut H. M Nasir, S.Ag, MH selaku Kemenag Lingga mengatakan dalam pelayanan keberangkatan haji ada 4 hal yang perlu diperhatikan, yaitu orang, barang, uang dan dokumen.

“Semua harus kita siapkan secara teliti dan detail. Tidak boleh ada satupun yang kurang. Alur barang dan orang harus sesuai jumlahnya,” katanya.

Lebih lanjut dikatakan M. Nasir, agar nantinya seluruh calon jamaah haji mematuhi jadwal yang sudah ditetapkan oleh Pemerintah. Semoga layanan haji tahun ini semakin baik dan meningkat. Diharapkan panitia dan petugas yang mengantar calon jamaah harus bekerja maksimal.

“Jamaah harus ikut aturan yang ditetapkan oleh Pemerintah. Jangan ada tawar menawar soal waktu keberangkatan. Teknis dan jadwal keberangkatan dibagikan kepada jamaah saat manasik,” pintanya.

M. Nasir juga menyarankan calon jamaah harus mulai steril sejak masuk ke dalam kapal, keluarga ataupun pendamping tidak perlu ikut menyertai ke dalam kapal. Apalagi sampai ke Asrama Haji.

“Meskipun ada anggaran untuk itu dan kebiasaan tahun sebelumnya. Ini saran dan usul saja,” tegas M. Nasir Kepala Kemenag Lingga.

Sementara itu M. Sardi selaku Kasi PHU Kemenag Lingga menyampaikan bahwa dipastikan 45 jamaah berada pada kloter 1, dan 3 jamaah plus 1 orang pada kloter tambahan.

“Sehingga jamaah Lingga sebelumnya 48 orang, hari ini bertambah 1 orang lagi pada kloter tambahan karena adanya kebijakan penambahan kuota. Sehingga total jamaah haji Lingga 49 orang,” terang M.Sardi.

Dari hasil keputusan rapat, diikuti oleh Dishub, Dinkes, TPHD, Karu Karom dan Kasi PHU Kemenag Lingga dan rapat dibuka langsung oleh Asisten Administrasi Umum, Siswandi,S.PdI didampingi oleh Kepala Kemenag Lingga, H. Nasir, S.Ag, MH. Pemkab Lingga akan mengakomodir 1 orang pendamping setiap jamaah.

Editor : Fikri