Lingga Satu
Lingga

Lanal Dabo Sosialisasi Keselamatan Pelayaran

Linggasatu.com — Komandan Lanal Dabo Singkep Letkol Laut (P) Arif Rahman, S.T., M.Tr.Hanla meminta jajaranya untuk menyosialisasikan tentang pentingnya keselamatan berlayar, hal ini sebagai wujud dari kepedulian Lanal Dabo Singkep terhadap wilayah kerjanya yang meliputi seluruh Kabupaten Lingga berupa kepulauan sehingga banyak aktifitas yang dikerjakan di dan lewat laut.

“Para pengguna laut tradisional banyak yang belum memahami tentang pentingnya keselamatan. Sebagai salah satu implementasi tugas pokok Lanal Dabo Singkep dalam Pembinaan Potensi Maritim melalui Komunikasi Sosial, oleh karena itu TNI AL melalui Lanal Dabo Singkep mengadakan Komunikasi Sosial kepada nelayan dan masyarakat pengguna laut” terang Letkol Laut (P) Arif Rahman Sabtu (5/1/2019)

Menurut Komandan Lanal Dabo Singkep ini, Sehubungan dengan himbauan perubahan cuaca angin kencang dan gelombang tinggi dari BMKG Kabupaten Lingga, pihaknya langsung meminta kepada Posal atau Posbinpotmar jajaran Lanal Dabo Singkep untuk melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosialisasi kepada pengguna jasa di laut, masyarakat nelayan atau pesisir, agar lebih waspada dan memperhatikan perubahaan iklim serta mengadakan pengecekan terhadap kelaikan kapal atau sampan yang digunakan untuk melaut, serta himbauan penggunaan alat tangkap yang ramah lingkungan.

“Ini juga ditekankan agar para pengguna jasa laut untuk memperhatikan dan melengkapi alat keselamatan sebelum melaut” terangnya.

Adapun Posal atau Posbinpotmar yang telah melaksanakan sosialisasi antara lain Posal Cempa, Posal Penuba, Posal Senayang, Posal Pancur, Posal Tajur Biru dan Posbinpotmar Rejai.

Tujuan dari pelaksanaan Sosialisasi ini adalah untuk memberikan pengetahuan kepada para Masyarakat pengguna jasa laut akan pentingnya keselamatan pelayaran agar para pengguna jasa laut tersebut merasa aman dan nyaman dalam melaksanakan pelayaran.

Editor : Fikri
Penulis : Oni