Lingga Satu
Lingga

Lingga Percontohan Pemilu Damai

LINGGASATU.COM — Pemilu 2019 di Kabupaten Lingga, Berjalan dengan Aman, Damai dan kondusif. Hingga saat ini seluruh tahapan rekapitulasi penghitungan suara di tingkat Kecamatan (PPK) sudah selesai dan memasuki rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat Kabupaten Lingga. Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Lingga, Badiul Hasani yang hadir dalam rapat pleno dan deklarasi damai pemilu 2019 di ruang pertemuan Hotel Sun Ling Jumat (3/5) memberikan apresiasi kepada KPU, Bawaslu, serta Petugas Keamanan TNI dan Polri, yang telah bekerja keras bahu membahu untuk mewujudkan pelaksanaan pemilu 2019 sebagai pesta demokrasi yang jujur, adil serta transparan dan pemilu yang damai di Bumi Bunda Tanah Melayu.

“Ini pencapaian yang luar biasa, Pemilu di Kabupaten Lingga berjalan dengan baik meskipun ada perbedaan, itu adalah hal yang wajar, yang penting tidak ada perpecahan.” terang Badiul Hasani.

Ditambahkan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Lingga ini, pencapaian Pemilu 2019 damai dan aman ini tetap harus dipertahankan sampai kapan pun dan Kabupaten Lingga bisa dijadikan percontohan untuk Kabupaten dan Kota khususnya di Provinsi Kepulauan Riau terkait dengan pelaksanaan pemilihan umum yang aman dan kondusif.

Selain itu, ia berharap masyarakat juga dapat mempercayai kinerja KPU sebagai penyelenggara pemilu. Menurutnya, KPU merupakan suatu fasilitas yang tepercaya untuk menyelenggarakan pemilu.

“Jadi sekarang ini kita tunggu saja pemimpin yang amanah. Untuk yang kalah, kita harap bisa menerimanya dengan legowo dan menempuh jalur hukum yang benar apabila ada permasalahan,” katanya.

Badiul Hasani juga mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk mengucapkan Syukur kepada allah swt, akan kondisi yang aman dan damai di wilayah Kabupaten Lingga dan mengajak menjaga Perdamaian, dan situasi kondusif di Kabupaten Lingga.

“Mari untuk semua pihak berperan serta dan berkontribusi menciptakan suasana aman dan damai untuk daerah Kabupaten Lingga,” Ujarnya.

Kemudian Ketua MUI Lingga ini juga menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi untuk TNI dan Polri yang tak kenal lelah telah mengamankan pergelaran pemilu 2019.

Sementara itu Kapolres Lingga AKBP Joko Adi Nugroho, SIK. MT menegaskan Polri dan TNI didukung aparat Satpol PP serta BKO dari Brimob Polda Kepri akan terus mengawal pengamanan pelaksanaan pleno maupun pengamanan terhadap kotak suara secara maksimal, hal ini untuk terwujudnya pemilu yang jujur, aman serta memberikan suasana yang sejuk dan damai pasca pelaksanaan pemilu di Kabupaten Lingga.

“Kita mengucapkan terima kasih atas kerjasama semua pihak sehingga pelaksanaan pemilu Pileg dan pilpres berjalan dengan aman, lancar, tertib, sejuk dan kondusif.” ujar AKBP Joko Adi Nugroho SIK MT di dampingi Kasat Reskrim Polres Lingga AKP Yudi Arvian SIK. SH dan Kasat Intelkam Polres Lingga IPTU Frekdi Pakpahan

Pantaun dilapangan pelaksanaan rapat Pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara dan tingkat Kabupaten Lingga berjalan dengan lancar, jujur, adil, transparan dan demokratis yang dilanjutkan dengan Deklarasi pemilu aman, damai dan tanpa kecurangan di Kabupaten Lingga, hadir dalam kesempatan tersebut Ketua dan anggota Komisioner KPU Kabupaten Lingga, Bawaslu Lingga, Kapolres Lingga, Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Kabupaten Lingga datuk Ishak, Ketua Tim TKN, Ketua Tim BPN, Parpol Peserta pemilu 2019 dan tokoh masyarakat. Para peserta yang hadir pada kegiatan tersebut bersama-sama sepakat untuk tetap menjaga situasi yang aman dan damai pasca pelaksanaan pemilu di Kabupaten Lingga.


Editor : Fikri
Penulis : Jhony