Lingga Satu
Lingga

Lingga Terima Bantuan 150 Sapi Brahman Cross Dari Pemerintah Pusat

Linggasatu.com — Sapi jenis Brahman Cross asli Australia yang dikirim oleh Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pertanian ke Kabupaten Lingga merupakan program dari SIWAB (Program Sapi Indukan Wajib Bunting) upaya ini merupakan langkah teknis pemerintah dalam percepatan penambahan populasi untuk pencapaian swasembada daging sapi.

“Sebanyak 150 sapi bantuan dari pemerintah pusat tersebut untuk 10 kelompok yang ada di kabupaten Lingga” kata Kadis Pertanian dan ketahanan Pangan Kabupaten Lingga melalui Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Drh. Teuku Taufik Ardiansyah. Selasa (18/12/2018)

Diterangkan lebih lanjut oleh Taufik, adapun penerima bantuan sapi tersebut merupakan kelompok yang sudah memenuhi persyaratan dan telah terseleksi oleh tim CPCL (Calon Petani Calon Lokasi) , baik itu dari seleksi persiapan kandang, lahan Hijau Pakan Ternak (HPL) dan sebagainya.

“Alhamdulillah, semua berjalan lancar kesiapan dari penerima bantuan juga telah mempersiapkan dengan matang baik itu dari kandang dan pakan sapi tersebut” kata Taufik

Masih kata Taufik, umumnya sapi berjenis Brahman Cross Australia ini mudah beradaptasi dengan lingkungan, pertumbuhannya juga jauh lebih cepat dibanding jenis sapi lainnya serta tahan terhadap penyakit. Sebagaimana diketahui bahwa Sapi Brahman Cross berkembang dengan sangat baik di Australia Utara (Nothern Territory) dengan agroklimat yang tidak jauh berbeda dengan di Indonesia.

“Budidaya nya relatif mudah serta produksi dagingnya tinggi, Harapan kami kelompok ternak penerima bantuan sapi tersebut dapat meningkatkan populasinya, sehingga kedepannya kabupaten Lingga menjadi sentra daging sapi derah perbatasan” harapnya

Editor : Fikri
Penulis : Ihan