Lingga Satu
Lingga

Lomba Cipta Menu BBSA PKK Kabupaten Lingga

Linggasatu.com — Tim Penggerak PKK bekerjasama dengan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Lingga mengadakan Lomba Cipta Menu “Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman”. Kamis pagi (19/7/2018)

Lomba Cipta menu yang diadakan di Gedung Nasional Dabo Singkep diikuti oleh 8 kecamatan yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang pentingnya gizi dan mendorong kreativitas masyarakat mengolah sumber daya pangan lokal.

Disamping itu juga Lomba Cipta Menu ini sebagai upaya untuk membangun keluarga agar mengkonsumsi aneka ragam jenis pangan yang ada disekitar dan mengenal porsi yang seimbang dari makanan yang dikonsumsi.

Ketua PKK Kabupaten Lingga Hj. Heryulita dalam kata sambutannya mengatakan, kegiatan ini selain diperlombakan juga wujud sosialisasi pentingnya gizi seimbang, mengetahui tentang porsi gizi dan upaya pengenalan terhadap masyarakat masih banyak disekitar kita sumber pangan yang mudah ditemukan juga memiliki sumber gizi, saat ini sumber bahan pangan pokok kita masih bergantung kepada beras dan terigu, sehingga pada kondisi tertentu negara kita masih mengimport produk pagan tersebut dari negara lain.

“Sagu, Jagung, Ubi Kayu, Ubi Jalar, Pisang, Talas, Sukun dan lain-lainnya, yang keberadaannya ada disekitar kita dengan jumlahnya yang sangat berlimpah, Akan tetapi keberadaannya masih dipandang sebelah mata, sehingga kurang perhatian dan kurang diperhatikan.” kata Ketua PKK Kabupaten Lingga.

Disela acara Camat Singkep Julita mengatakan, kegiatan Lomba Cipta Menu ini agenda tahunan yang diselenggarakan oleh PKK Kabupaten dan pemenang dari Lomba ini yang akan mewakili Kabupaten Lingga ditingkat Provinsi.

“Pemenang Lomba Cipta Menu bergizi ini yang akan nantinya mewakili Kabupaten Lingga ditingkat Provinsi” Ungkap Camat Singkep.

Pihak Panitia yang akan menetapkan pemenang lomba dengan menilai dari Keseimbangan menu, keanekaragaman jenis pangan, kreativitas pengembangan resep dan penyajian, cita rasa, tampilan dan sebagainya yang meliputi kelayakan untuk diutus sebagai pemenang, selain piala peserta juga akan mendapatkan uang pembinaan.

Beraneka ragam jenis tampilan olahan pangan yang disajikan dalam Lomba Cipta Menu tersebut, diantaranya olahan Sagu dan Ubi.
(Rangga)