Lingga Satu
Lingga

Perpustakaan, Ruang Pencerahan Baru di Rutan Dabo Singkep

LINGGASATU.COM — Sebuah inovasi baru saat ini sedang di mulai oleh Kepala Cabang Rumah Tahanan (Rutan) Dabo Singkep Kabupaten Lingga Dewanto. Rutan yang berlamat di Jalan Pahlawan No 1 Singkep ini, kini memiliki fasilitas perpustakaan sebagai tindak lanjut kerjasama Rutan dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Lingga. Fasilitas ini diharap bisa dimanfaatkan warga binaan Rutan Dabo Singkep untuk mengisi kegiatan sekaligus menambah wawasan.

”Kita sudah MOU dengan Dinas Perpustakaan dan kegiatan ini mudah-mudahan akan terus berkelanjutan.” terang Dewanto Selasa (9/4/2019)

Foto bersama Ka Rutan dan Kadis Perpustakaan

Menurut pria asal Cirebon ini, dengan adanya Perpustakaan di Rutan Dabo Singkep diharapkan bisa menunjang warga binaan yang punya hobi membaca, ditambahkan oleh pria yang pernah bertugas Provinsi Lampung ini ratusan koleksi buku di perpustakaan tersebut, diantaranya terdapat buku pengetahuan umum dan buku keagamaan. Untuk lokasi perpustakaannya Dewanto memanfaatkan salah satu ruangan yang ada di dalam lokasi Rutan tersebut, harapannya dengan adanya perpustakaan ini dapat memberikan dampak yang positif.

Dewanto – Kepala Rutan Dabo Singkep

“Sudah mulai Januari lalu Program perpustakaan ini kami jalankan, dan alhamdulilah mendapat dukungan dari Dinas Perpustakaan Kabupaten Lingga.” imbuh Dewanto.

Sementara itu Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Lingga Muhammad Ali Imran, SH menyebutkan buku-buku dari Dinas Perpustakaan yang saat ini berada di Rutan Dabo Singkep berjumlah kurang lebih 100 buku. Lebih lanjut dikatakan oleh Imran buku bacaan tersebut setiap tiga bulan sekali akan di lakukan pergantian artinya buku lama akan di tarik dan akan digantikan dengan buku-buku yang baru. Diakui oleh pria yang akrap di panggil dengan nama Imran ini dirinya menyambut baik langkah yang diambil oleh Kepala Rutan Dabo Singkep dan ini merupakan terobosan yang cukup bagus.

“Kami akan terus memberikan dukungan terhadap Kalapas dan setiap tiga bulan kami akan perbaharui buku-buku yang ada di Rutan, agar dapat memberikan ilmu yang bermanfaat.” tegas Imran.


Editor: Fikri
Penulis : Jhony