Lingga Satu
Lingga

Polres Lingga Berduka, Mantan Kapolri Tutup Usia

LINGGASATU.COM — Berita duka datang dari korp Bhayangkara, Jenderal (Purn) Awaloedin Djamin (91) mantan Kapolri di era tahun 1978 sampai tahun 1982 yang merupakan salah seorang putra terbaik bangsa ini tutup usia, duka yang mendalam juga di rasakan jajaran Polres Lingga, sebagai wujud rasa duka dan menghormati jasa-jasa sang Jenderal dikibarkan bendera setengah tiang selama tiga hari.

“Seluruh jajaran Polri di minta mengibarkan bendera merah putih setengah tiang di kantor serta kediaman rumah dinas Polri dan ini serempak di seluruh indonesia sebagai bentuk bela sungkawa” ujar Kapolres Lingga AKBP Joko Adi Nugroho. Jumat (1/2)

Mako Polres Lingga

Ditambahkan Kapolres, untuk pengibaran bendera setengah tiang tidak hanya dilakukan Polres Lingga namun ini serempak di seluruh Polsek, Polres dan Polda se indonesia juga melakukan hal yang sama, diterangkan AKBP Joko khusus untuk di Kabupaten Lingga, jajaran Polres Lingga akan melaksanakan shalat gaib dan doa bersama yang dipusatkan di Masjid Az-Zulfa Dabo Singkep yang dilaksanakan setelah sholat jumat. Hal ini dilaksankan meski tidak bisa menghadiri langsung prosesi pemakaman sang Jenderal tersebut.


Mantan Kapolri dan Mantan Menteri Tenaga Kerja pada Kabinet Ampera di era tahun 1966 ini meninggal karena sakit. Selama ini Awaloedin sering berobat ke rumah sakit karena penyakit yang dideritanya. Awaloedin merupakan Kapolri periode 1978-1982 Selama mengabdi di kepolisian, Awaloedin menerima sejumlah penghargaan sebagai tanda jasanya di antaranya menerima Bintang Dharma, Bintang Bhayangkara, dan Bintang Mahaputra Adipradana. Ia juga pernah menerima penghargaan Satya Lencana Perang Kemerdekaan (I dan II), Satya Lencana Karya Bhakti, Satya Lencana Yana Utama, Satya Lencana Panca Warsa, Satya Lencana Peringkat Perjuangan Kemerdekaan RI, Satya Lencana Penegak Veteran Pejuang Kemerdekaan RI.

Editor : Fikri
Penulis : Oni