Lingga Satu
Lingga

Polres Lingga Yang Promoter, Peringkat ke 3 Nasional

LINGGASATU.COM — Sejumlah inovasi pelayan publik guna terwujudnya Polri yang Professional, Modern, dan Terpercaya (Prometer) terus dilakukan pembenahan oleh Kapolres Lingga bersama jajaranya, mulai dari Pelayanan Samsat antar Kepulauan, Pelayanan SKCK antar Pulau, Perpustakaan Bergerak, Pelayanan Info Cuaca Keliling, Sambang Nusantara (Polair) dan masih banyak lagi. Dibawah Komando AKBP Joko Adi Nugroho, SIK. MT yang memiliki jargon BERANI yang artinya Bertakwa, Empati, Ramah, Amanah, Netral, Ikhlas, dan dari sejumlah inovasi inilah Polres Lingga akhirnya menempati urutan ke 3 dari 21 Polres di Indonesia pada tingkatan klasifikasi kota kecil.

“Polri semakin menjadi yang terbaik dalam tingkat Kepercayaan dan Kepuasan Publik. Hal ini terbukti dari hasil beberapa lembaga survei yang telah dilaksanakan” terang Kapolres Lingga AKBP Joko Adi Nugroho Jumat (8/2/2019).

Kapolres Lingga AKBP Joko Adi Nugroho, SIK. MT

Data yang berhasil dihimpun dari sejumlah sumber Survei LSI menerangkan bahwa Kepercayaan Publik terhadap Polri memiliki indeks nilai 87,8% dengan menempati posisi ke-3 terbaik. Selanjutnya Survei Litbang Kompas menerangkan bahwab Polri, memiliki Indeks Kepercayaan publik mencapai 82,9 %, dan ini merupakan Indeks Kepercayaan tertinggi sejak era reformasi. Terakhir ialah Survei The Gallup dengan menempatkan Indonesia pada posisi ke-9 negara teraman dari 142 negara, dan menunjukkan kepercayaan publik terhadap Polri terkait rasa aman.

Akp Supama gerakkan perpustakaan keliling

“Tingkat kepercayaan ini tentunya, tidak terlepas dari penilaian masyarakat terhadap peningkatan kinerja yang telah dilakukan Kepolisian di tahun 2018” tegas AKBP Joko.

Perpustakaan keliling Polres Lingga sambangi sekolah yang ada diwilayah Kabupaten Lingga

Sementara itu dari hasil survei yang telah dilakukan Markplus Insight Polres Lingga menempati peringkat ke-3 dari 21 Polres pada tingkat klasifikasi kota kecil, dengan nilai 95,14 dari indeks kepuasan (%) diatas 76,46, dan urutan ke-6 dari 23 Polres pada tingkat klasifikasi kota kecil, dengan nilai 98,33 dari indeks kepercayaan (%) diatas 80,37. Survei yang dilakukan Markplus Insight tersebut didasarkan atas Promoter yang merupakan visi Kapolri yang sudah dicanangkan sejak Tahun 2016.

Kasat Intelkam Polres Lingga IPTU Prekdi Pakpahan gelar pelayanan SKCK Keliling

Ditambahkan Kapolres dalam hal penilaian, terdapat tiga metode yang digunakan dalam melakukan riset Promoter Polri, yakni Online Survei dengan menggunakan Platfrom kataanda.com, Computer Assited Telephone Interview (CATI), dan Computer Assited Personal Interview (CAPI). Dan tidak hanya itu, untuk memperkuat hasil temuan tersebut, Tim Markplus Insight juga melakukan Callback Responden, Obsevasi lapangan ke Polres, serta melakukan pengamatan terhadap berita-berita online. Satu hal yang paling terpenting bahwa survei tersebut dilakukan kepada masyarakat yang tidak memiliki keluarga yang berkerja di Kepolisian.

Editor : Fikri
Penulis : Oni