Lingga Satu
Lifestyle Lingga

Satpol PP dan DINKES-PPKB Lingga Razia Sarden Bercacing

 

Linggasatu.com | Lingga – Beredarnya kabar yang menghebohkan masyarakat di seputaran Kabupaten Lingga beberapa hari yang lalu tentang ditemukannya sejenis cacing dalam Sarden, DINKES-PPKB dan Satpol PP Lingga langsung mengambil sikap.

Melalui informasi di sosial media dan adanya laporan masyarakat tentang kabar tersebut, Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga telah mengeluarkan Surat Edaran menghimbau masyarakat untuk tidak mengkonsumsi Sarden tersebut.

Hari ini Rabu (21/3) Satpol PP Lingga bersama DINKES-PPKB menyisir sejumlah toko yang ada di Kabupaten Lingga, menghimbau agar tidak menjual Sarden Farmerjack, Hoki dan IO jika masih menjual maka akan langsung disita.

Kepala Bidang Penegakan Perda Satpol PP Febrizal Taufik mengatakan razia Sarden tersebut dilakukan di Dua lokasi, Dabo Singkep dan Daik Lingga.


Kemarin kita hanya menghimbau pada toko-toko agar produk Sarden tersebut untuk disimpan dan tidak dijual ke masyarakat, jika ditemukan masih terpajang untuk diedarkan maka kita akan sita Produk Sarden tersebut, Rabu (21/3).

“kemarin siang (20/3) giat kita baru sebatas himbauan, hari ini kita dapat surat dari BPOM menyatakan Produk tersebut teridentifikasi mengandung parasit, maka giat razia kita hari ini jika ditemukan Produk tersebut di pajang maka akan langsung kita sita” imbuh Febrizal Taufik.

Ditambahkan Taufik pihaknya akan terus melakukan penyisiran kesejumlah toko dan kedai klontong diseputaran Lingga.

“Rawannya beredar makanan sarden ini didaerah pesisir dan pulau-pulau terpencil, karena minimnya informasi yang mereka dapat dan Maaf,…. makanan jenis Sarden ini banyak dikonsumsi oleh kalangan bawah” imbuhnya.

Dari hasil pemeriksaan Laboratorium oleh Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Batam terhadap Nama Produk “IO, HOKI dan Farmerjack” dengan jenis pangan Ikan Sarden (Makarel) dalam saus tomat teridentifikasi mengandung parasit Anisakis sp.

(Qq)