Lingga Satu
Lingga

Sayuran Rutan Dabo Tembus Pasar Lokal

LINGGASATU.COM — Memanfaatkan halaman dan pekarangan di sekitar Rumah Tahanan (Rutan) Dabo Singkep, sejumlah warga binaan melaksanakan bercocok tanam sayur mayur, langkah tersebut dilakukan menurut Kepala Cabang Rumah Tahanan (Rutan) Dabo Singkep Kabupaten Lingga Dewanto A.Md.IP.S.SOS, merupakan satu bentuk pembinaan terhadap para warga binaan. Dengan pemanfaatan lahan kosong yang ada di dalam rutan dan diisi dengan kegiatan pertanian tentunya ini diharapkan akan menjadi manfaat bagi warga binaan, maupun bagi masyarakat disekitarnya.

Dewanto – Kepala Rutan Dabo Singkep

“Sayuran yang di tanam ada terong, bayam, sawi dan masih banyak lagi, ini semua ditanam warga binaan mulai dari proses pembibitan, pemeliharaan hingga masa panen.” terang pria asal Cirebon ini Senin (22/4/2019).

Dewanto sedang meninjau tanaman yang ada didalam pekarangan Rutan Dabo

Sambil keliling di dalam lahan bercocok tanam diseputaran Rutan dan menujukan hasil pertanian dari warga binaan, Dewanto menerangkan, lahan yang berada di dalam komplek Rutan Dabo Singkep tepatnya di Jalan Pahlawan Nomor 1 Singkep Kabupaten Lingga ini cukup subur, hal ini dapat di lihat dari panen sayuran yang sudah beberapa kali di lakukan oleh warga binaan, kedepanya pria yang murah senyum ini berharap agar sayuran dari rutan Dabo Singkep tidak hanya dapat memehuni kebutuhan warga binaan di dalam rutan namun juga bisa tembus hingga ke pasar lokal.

Rumah Tahanan Dabo Singkep

“Syukurlah para petugas lapas yang ada di Dabo ini tidak hanya sebagai petugas saja, tapi juga mereka sebagai motivator tumbuhnya inovasi-inovasi di dalam lapas yang kita harapkan dapat memberikan motivasi kepada warga binaan untuk berkarya.” imbuhnya.

Tanaman Terong

Tidak hanya mengarap lahan pertanian di dalam rutan, Dewanto juga memberikan keterampilan kerajinan tangan untuk warga binaan, sebab menurut pria ini kreativitas dapat terjadi kapan saja dan di mana saja, bahkan di dalam penjara sekalipun. Oleh sebab itu jangan heran apabila banyak kreasi yang tercipta dari tangan terampil para narapidana, sebab kegiatan ini juga merupakan bagian dari pembinaan sekaligus bekal bagi warga binaan saat keluar kelak.

Menurutnya, kerajinan yang di buat selama ini produknya sangat menarik, bahkan unik dan ini tidak menutup kemungkinan bisa menjadi home industri karena sangat berpotensi.

Kerajinan tangan atau souvenir hasil buah karya warga binaan Rutan Dabo

“Ada sejumlah kerajinan yang di buat saat ini salah satu contohnya adalah Bunga dalam botol, gantungan kunci udang dan masih banyak lagi yang rata-rata bahanya memanfaatkan dari barang yang sederhana atau barang bekas yang masih bisa di manfaatkan.” imbuhnya.

Editor : Fikri
Penulis : Prasetya