Lingga Satu
Kepri Nasional

Singgahi Batam, Ini Sederet Kecanggihan KRI Bima Suci

Linggasatu.com | Nasional — Kedatangan Kapal layar latih KRI Bima Suci yang berlabuh dipelabuhan Batu Ampar Batam, Selasa (7/8) menjadi daya tarik akan keelokannya bagi warga Batam.

Komandan KRI Bima Suci Letkol Laut (P) Widyatmoko Baruno Aji membeberkan sederet kecanggihan dari kapal layar tersebut, Kapal buatan Freire Shipyard di Vigo Spanyol memiliki sederet keunggulan dan kecangihan, fasilitas kapal yang sangat modern pada alat komunikasi yang bisa teleconference dengan menggunakan satelit, instrumen navigasi yang lebih modern berbasic data digital.

“Dari beberapa instrumen KRI Bima Suci didesain lebih modern dan mempunyai banyak keunggulan dari pendahulunya KRI Dewaruci” ungkapnya

Ditambahkan Baruno Aji Kecangihan lainnya KRI Bima Suci didesain untuk bersaing dalam kecepatan saat lomba layar dengan menggunakan 26 layar dengan tipe Bark dan mempunyai 203 akomodasi dan kamar mandi.

“Dengan didesain untuk race atau lomba layar KRI Bima Suci bisa melaju sangat cepat dengan kecepatan 15 knot” sambunya

Keunggulan tersebut masih ditambah adanya instrumen pemurnian air laut menjadi air tawar yang bisa langsung digunakan didalam kapal KRI Bima Suci, sehingga saat melkukan pelayaran, kapal tidak perlu bersandar untuk mengisi ulang keperluan air tawar.

“Kapal ini juga bisa mengubah air laut menjadi air tawar” lanjutnya

Diterangkannya kembali KRI Bima Suci memiliki ukuran panjang 111,20 meter, lebar 13,50 meter dan draft kedalaman 5,95 meter dan tinggi pada ketiga tiangnya yakni tiang haluan 51,15 meter, tiang tengah 51,87 meter dan tiang buritan 49,51 meter.

“Secara keseluruhan Kapal Layar KRI Bima Suci yang dimiliki Indonesia memiliki kecangihan dan kemampuan yang sangat mumpuni” tutupnya
(Qq)