LINGGASATU.COM — WhatsApp Web adalah ‘kepanjangan tangan’ dari pihak aplikasi WhatsApp itu sendiri, terkadang sering pengguna WhatsApp Web mengalami masalah konektivitas atau sulit terkoneksi kelayanan tersebut. Berikut hal-hal yang bisa dicoba dilakukan ketika sulit terkoneksi.
Pada dasarnya untuk menggunakan WhatsApp Web kamu harus sudah memiliki akun WhatsApp yang aktif di perangkat smartphone. Buat pengguna yang masih awam dengan WhatsApp Web, kamu tinggal menuju ke web.whatsapp.com di komputer dan kemudian mengikuti petunjuk yang diberikan untuk menghubungkan akun WhatsApp di ponselmu via (QR code) kode QR.
Berikut informasi lebih lanjut mengenai hal tersebut, merujuk pada laman resmi pusat bantuan WhatsApp:
Masalah konektivitas telepon
Seperti sudah disebutkan di atas, WhatsApp pada dasarnya semata merupakan penunjang yang mesti terhubung ke ponsel untuk mensinkronisasikan pesan yang kamu terima.
Maka jika ponselmu tidak terhubung dengan WhatsApp, otomatis WhatsApp Web pun jadi tak bisa digunakan. Sehubungan dengan itu, langkah pertama yang bisa dicoba di ponselmu adalah:
Buka WhatsApp pada ponselmu dan cobalah untuk mengirim pesan. Jika ternyata ada masalah pada koneksi telepon selulermu, mengaktifkan flight mode untuk kemudian langsung menonaktifkannya lagi terkadang bisa saja membantu. Nah, jika kemudian pengiriman pesan WhatsApp sudah sukses dilakukan di ponsel, cobalah kembali buka WhatsApp Web di komputermu.
Bagaimana kalau ternyata masih saja tak bisa?
“Jika Anda masih mengalami kesulitan mengirim atau menerima pesan pada WhatsApp Web, kemungkinan ada masalah koneksi pada komputer Anda,” sebut WhatsApp.
Masalah konektivitas komputer
Penggunaan WhatsApp Web bukan cuma bergantung pada koneksi aplikasi WhatsApp di ponselmu. Koneksi internet yang stabil pun diperlukan pada perangkat komputer.
Bar kuning bertuliskan “Komputer Tidak Terhubung” atau “Computer not connected” akan muncul di antarmuka WhatsApp Web pada komputermu jika ada gangguan koneksi.
Sehubungan dengan itu, langkah pertama yang bisa dicoba adalah mengecek koneksi internet di komputermu. Setelah itu, cobalah untuk memuat ulang (refresh) halaman berisikan WhatsApp Web.
Jika masalah tetap terjadi, WhatsApp menyarankan untuk log out lebih dulu pada sesi WhatsApp Web tersebut. Caranya adalah mengakses bagian titik tiga lalu memilih keluar/log out. Setelah itu, cobalah untuk masuk (log in) lagi.
“Penting: Anda harus menggunakan versi terbaru browser Chrome, Firefox, Opera, Safari, atau Edge untuk dapat menggunakan WhatsApp Web. Browser lainnya, seperti Internet Explorer tidak didukung,” sebut WhatsApp.
Masalah pada koneksi Wi-Fi tertentu
Pusat bantuan WhatsApp juga menyatakan adanya kemungkinan akses WhatsApp Web memang diblokir atau dibatasi di jaringan Wi-Fi tertentu. Jika demikian, begini langkah yang disarankan WhatsApp dan bisa kamu coba.
“Jika WhatsApp Web memberitahu Anda bahwa Anda berada di jaringan yang menghalangi WhatsApp Web untuk bekerja dengan normal, mohon tanyakan pada admin jaringan tersebut untuk memberikan akses traffic ke web.whatsapp.com, *web.whatsapp,com, dan *.whatsapp.net.”
Editor : Sakti