Lingga Satu
Nasional

Tampang Boyolali, Prabowo Dapat Zonk Dipuluhan TPS

LINGGASATU.COM — Hasil mengejutkan saat penghitungan suara di puluhan TPS di Boyolali, Jawa Tengah. pasangan Prabowo-Sandi didapati tidak ada satupun yang dicoblos oleh warga sekitar TPS. Bahkan saksi dari kubu Prabowo-Sandi tak mau datang di saat pemungutan suara di sejumlah TPS.

Dikutip dari Detikcom, setidaknya di 25 TPS warga seolah membalas memberi reaksi politik tegas atas pernyataan Prabowo sebelumya kepada mereka tentang ‘tampang-tampang Boyolali’. Di TPS-TPS itu, suara untuk Prabowo-Sandi benar-bena nol persen, tanpa ada satupun memilih alias zonk.

TPS-TPS itu tersebar di kawasan punggung gunung hingga kawasan lembah, dari ujung barat hingga sisi timur dan utara. Di antaranya 8 TPS di Desa Bengkle (Kecamatan Wonosamodro), 1 TPS di Kacangan (Andong), 1 TPS di Kecamatan Kemusu, 6 TPS di Kecamatan Selo, 5 TPS di Kecamatan Musuk, 3 TPS di Kecamatan Ampel dan 1 TPS di Cepogo.

Luar biasa ini, saya mengapreasiasi,” kata Seno Samodro, kader senior PDIP setempat yang juga mernjabat sebagai Bupati Boyolali. Seno adalah sosok yang paling keras ketika mendegar ‘tampang Boyolali’ diucapkan Prabowo. Bahkan Seno sempat dilaporkan ke polisi karena mengumpat Prabowo dalam pidato di hadapan ribuan warga Boyolali saat itu.

Data yang dihimpun PDIP tadi malam, Jokowi-Ma’ruf mengusasi 86 persen dari 80 persen total suara Boyolali yang masuk dari laporan saksi di TPS.

“86 persen sementara dan itu tertinggi karena rata-rata di Jawa Tengah 77 persen kemenangan. Kalau bisa 86 persen, wah ini luar biasa, ini mungkin tertinggi di Pulau Jawa,” lagi-lagi Seno berbangga.

Di lapangan, saat pemungutan suara berlangsung, bahkan saksi-saksi dari kubu Prabowo-Sandi tidak mau hadir ke TPS. Itulah sebabnya perolehan suara bisa menghasilkan angka mutlah untuk Jokowi-Ma’ruf Amin.

“Saksinya (Pasangan Capres Prabowo-Sandiaga) tidak ada, saya tunggu nggak ada yang datang, nggak masuk,” kata Ketua KPPS TPS 02 Dukuh Pongangan, Desa Jeruk, Marsudi. TPS ini merupakan salah satu dari TPS yang menyumbang nol persen untuk Prabowo-Sandi.

Memang ada sejumlah saksi, namun saksi dari sejumlah parpol dan saksi capres nomor urut 01. “Saksi yang ada dari parpol-parpol, dari Perindo ada, Nasdem ada, PDIP ada, PKB ada sama saksi Capres 01,” lanjutnya.

Hal senada disampaikan Sekretaris Desa Jeruk, Supriyanto. Di TPS 02 Desa Jeruk tersebut, saksi dari Capres Prabowo-Sandiaga tidak ada. Begitu pula saksi dari Parpol pengusung capres nomor urut 02 tersebut juga tidak ada di TPS 02.


Editor : Ridho