Lingga Satu
Lingga

TNI AL Pukul Mundur Musuh Dari Pantai Todak Dabo

LINGGASATU.COM — Pasukan Gabungan Pangkalan TNI AL (Lanal) Dabo Singkep dan pasukan marinir dari Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) IV Tanjungpinang, lakukan penyisiran dan penyerbuan basis musuh yang berada di wilayah Pantai Todak, Desa Batu Berdaun, Kecamatan Singkep. pasukan gabungan ini akhirnya dapat menguasai wilayh tersebut dari genggaman musuh.

Aksi itu bukanlah sungguhan melainkan dalam rangka Latihan Matra Laut TW II Tahun 2019, Pangkalan Utama TNI AL IV Tanjungpinang dan Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan IV Tanjungpinang serta Pangkalan TNI AL Dabo Singkep, yang merupakan latihan tempur dan pendaratan di Pantai Latihan Todak Desa Batu Berdaun Kecamatan Singkep.

Pada aksi latihan tersebut, Lantamal IV mengerahkan 60 pasukannya untuk bergabung dengan prajurit Lanal Dabo. Pasukan diterjunkan dari Tanjungpinang, dengan menggunakan dua unit Kapal Angkutan Laut (KAL) yakni, KAL Marapas dan KAL Mapor, Rabu (26/6/2019).

Pada Kamis (27/6/2019) sekira pukul 02.00 WIB (Dini hari), pasukan pendarat dengan jumlah 75 prajurit matra laut turun ke laut di perairan Pantai Todak, Batu Berdaun. Kemudian pada pukul 06.00 WIB pasukan pendarat mulai melaksanakan penyerbuan dan peledakan untuk perebutan wilayah. Tak lama kemudian, tepatnya pukul 07.00 WIB wilayah tersebut pun dapat dikuasai oleh pasukan.

Danlanal Dabo, Letkol Laut (P) Arif Rahman mengatakan, usai pelaksanaan latihan tempur tersebut, kegiatan dilanjutkan dengan long mars/hanmars dari Pantai Todak menuju Mako Lanal Dabo. Kemudian juga dilaksanakan syukuran dan doa bersama atas keberhasilan dari kegiatan tersebut.

“Tadi pagi pasukan dari Lantamal IV sudah kembali ke Tanjungpinang. Alhamdulillah rangkaian kegiatan latihan tempur dan pendaratan matra laut ini bisa berjalan dengan lancar tanpa kendala suatu apapun,” kata Arief Danlanal Dabo , Jumat (28/6/2019).

Menurutnya, kegiatan tersebut sekaligus untuk mengasah kemampuan prajurit dalam upaya meningkatkan profesionalitas prajurit dalam rangka mendukung salah satu tugas pokok TNI menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Satu hal terpenting kenapa latihan ini diadakan di daerah Latihan pantai Todak Batu Berdaun karena tempat tersebut merupakan daerah latihan TNI – AL dan setiap jengkal tanah harus dipertahankan dan dijaga sampai titik darah penghabisan dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab dan memiliki kepentingan pribadi,” ungkapnya

Dengan diadakannya Latihan Matra Laut TW II Tahun 2019, diharapkan dapat mencapai hasil latihan yang maksimal secara efektif dan efisien dengan selalu mengutamakan faktor keamanan personel maupun material.

Editor : Fikri