Lingga Satu
Kesehatan Nasional

WHO : Support nurses and midwives, Selamat Hari Kesehatan Sedunia!

LINGGASATU.CO.ID – Ditengah pandemi Covid-19, hari ini, Selasa, 7 April 2020, dunia memperingati World Health Day, di momen ini saat yang tepat untuk mengucaokan terimakasih pada jajaran perwat dan bidan yang telah berperan dalam menjaga dunia tetap sehat.

Mengutip situs Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), perayaan World Health Day kali ini memiliki tagline yang berbunyi ‘Support nurses and midwives’ atau ‘Dukung perawat dan bidan’. Tagline ini dimaksudkan untuk menghargai perjuangan jajaran tenaga medis yang telah menempatkan diri mereka dalam risiko dengan menjadi garda terdepan penanganan pandemi Covid-19.

Pada momen yang sama, WHO akan menyoroti kondisi keperawatan di dunia saat ini. WHO dan mitra akan membuat serangkaian rekomendasi untuk memperkuat tenaga keperawatan dan kebidanan.

“Ini akan sangat penting jika kita ingin mencapai target kesehatan nasional dan global, kesehatan ibu dan anak, penyakit menular dan tidak menular, kesiapsiagaan serta darurat bencana,” tulis WHO disitus resminya.

Secara global, 70 persen tenaga keperawatan dan kebidanan dipegang oleh kaum perempuan. Perawat dan bidan memainkan peran penting dalam merawat pasien di mana pun, termasuk dalam situasi wabah seperti pandemi Covid-19.

Dikutip dari berbagai sumber, Hari Kesehatan Sedunia sendiri mulai diperingati sejak 1950 silam. Peringatan ini bertujuan untuk menciptakan kesadaran masyarakat dunia akan kesehatan.

Selama 50 tahun terakhir, Hari Kesehatan Sedunia mengangkat beragam masalah kesehatan seperti kesehatan mental, kesehatan ibu dan anak, serta dampak perubahan iklim terhadap kesehatan.

Pada 2020 ini, Hari Kesehatan Dunia diperingati di tengah pandemi Covid-19 yang melanda, mulai menyerang sejak Desember 2019 lalu.

Editor : Dian
Source : WHO

AKBP Boy Herlambang
AKP Emsas
AKBP Boy Herlambang
Kompol Tahang
Kompol Toro
AKP Emsas
AKP Prekdi Pakpahan
Said Trizwanda

BPJS
lingga