Lingga Satu
Kepri

WNA Singapura Dominasi Keluar Masuk Batam

Linggasatu.com — Sabagai salah satu kota yang termasuk pertumbuhan ekonomi terpesat di Indonesia, sejak Batam dibangun pada tahun 1970-an oleh Otorita Batam sekarang BP Batam, Batam menjadi pusat hilir mudik Warga Negara Asing (WNA) dari data yang dicatat oleh Imigrasi Batam beberapa negara ini yang hilir mudik ke Batam.

Dari data yang dihimpun dari Kantor Imigrasi kelas I Khusus Batam ada sebanyak 1.635.439 penumpang Warga Negara Asing (WNA) yang keluar masuk ke Batam, dari jumlah tersebut WNA yang paling banyak didominasi berasal dari Singapura.

“sampai bulan juni 2018 ini tercatat ada sebanyak 1.6 jutaan WNA dari beberapa warga negara asing yang hilir mudik ke Batam dan paling banyak warga Singapura” kata Kepala Kantor Imigrasi kelas I Khusus Batam Lucky Agung Binarto dikutip dari Antaranews Kamis (18/10)

Dari data yang tercatat di Kantor Imigrasi kelas I Khusus Batam Total keluar masuk WNA Singapura tercatat terbanyak diantara yang lainnya WNA lainnya sebanyak 986.605 orang.

Diurutan kedua WNA Malaysia dengan total 223.311 orang, sedangkan diurutan ketiga WNA asal Korea Selatan dengan jumlah 78.262 yang hilir mudik ke Batam.

Sementara pada urutan keempat WNA asal Republik Rakyat Tiongkok (RRT) dengan jumlah sebanyak 74.214 orang, ututan kelima dari WNA India dengan total keluar masuk sebanyak 59.252 orang, keenam WNA asal Filipina dengan jumlah 36.454 orang.

Sedangkan WNA yang paling sedikit jumlah kunjungan ke Batam asal Vietnam cuma sebanyak 28.255 orang, dan sisanya 106.766 orang terdiri dari berbagai negara diantaranya WNA asal Inggris dan beberapa negara lainnya.


Sakti