Lingga Satu
Kepri

Ditengah Pandemi, KPU Karimun Optimis Partisipasi Pemilih Capai 77,5 Persen

LINGGASATU.CO.ID, Karimun – Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar sosialisasi pelaksanaan tahapan Pemilu 2020 bersama instansi terkait. 

Dalam sosialisasi tersebut, Ketua KPU Karimun, Eko Purwondoko mengatakan, ditengah pandemi Covid-19 pihaknya menargetkan partisipasi pemilih pada Pilkada serentak tahun 2020 mecapai 77,5 persen.

“Target 77,5 persen, ini menjadi tantangan bagi kami selaku penyelenggara Pemilu apalagi di ditengah pandemi Covid-19 ini,” ujar Eko Purwandoko.

Dikatakan Eko sebagai pembanding penyelengaraan Pilkada tahun ini, untuk persentase partisipasi pemilih pada ajang Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) di tahun 2019 lalu yakni sebanyak 78 persen.

“Sebagai penyelanggara kita optimis sekali target 77 persen itu dapat terpenuhi,” katanya.

Melalui hak pilih, masyarakat dapat ambil bagian dalam menentukan kemajuan daerah dalam pelaksanaan Pilkada yang akan berlangsung tanggal 9 Desember 2020 mendatang.

“Masyarakat harus sadar bahwa hak pilihnya itu bisa menentukan masa depan Karimun, jadi tanggung jawab terhadap hak pilih itu sangat tinggi,” sambung Eko.

Ia menjelaskan, akibat adanya pandemi wabah Covid-19, pelaksanaan Pilkada 2020 ini sistem pemutakhiran data pemilih akan dilakukan secara konvensional.

“Jadi kita kembali dengan sistem rumah ke rumah, dan itu nanti akan dilakukan sesuai protokol kesehatan pencegahan Covid-19,” jelasnya.

Terakhir Eko menyampaikan, untuk menghindari adanya perkumpulan orang dalam skala besar, pihaknya akan melakukan penambahan 102 jumlah TPS yang ada.

“TPS dari 455 jadi 557, ada penambahan 102. Itu akan membantu mempercepat proses, tidak menumpuk disitu. Masing-masing nanti ada 4 bilik suara,” tutup Eko Purwondoko.(Laporan Karimun Boy)

[Total_Soft_Poll id="2"]