Foto : Ubahlaku kerjasama Dewan Pers dan Satgas Covid-19 (f-int)

LINGGASATU.CO.ID,Lingga – Dewan Pers kerjasama Satgas Covid-19 menggelar Fellowship Jurnalisme Perubahan Perilaku atau FJPP secara terbuka bagi jurnalis di seluruh Indonesia, untuk berkontribusi dalam mengakhiri pandemi Covid-19.

Ketua Tim Kerja FJPP yang juga anggota Dewan Pers, Agus Sudibyo, menerangkan animo jurnalis untuk mengikuti program ini sangat tinggi, terlihat dari pendaftar yang mencapai 4.963 orang sejak registrasi dibuka pada 3 Oktober 2020.

‘’Sampai pendaftaran gelombang pertama ditutup pada 11 Oktober peminat masih bertambah. Kami memutuskan untuk membuka pendaftaran gelombang kedua, dibuka mulai 14 oktober dan ditutup pada Minggu 18 Oktober 2020 lalu,“ tutur Agus.

Fellowship Jurnalisme Perubahan Perilaku merupakan program dengan tiga kegiatan utama. Pertama, menggalakkan pemberitaan pers berperspektif perubahan perilaku guna pencegahan penularanCovid-19. Kedua, memperkaya konten berita media yang menekankan pentingnya kedisiplinan masyarakat melaksanakan protokol kesehatan. Ketiga, melibatkan wartawan sebagai agen perubahan perilaku melalui peningkatan peran pers sebagai institusi dengan fungsi edukasi publik dalam menghadapi bencana nasional.

Sementara itu Ketua PWI Kabupaten Lingga, Jhony Prasetya membenarkan bahwa saat ini ada lima orang jurnalis di Kabupaten Lingga yang lolos seleksi Fellowship Jurnalisme Perubahan Perilaku kerjasama antara Dewan Pers dengan Satgas Covid-19.

‘’Ada lima orang jurnalis yang bertgas di kabupaten Lingga yang lolos mereka adalah Akhlil Fikri (Kabar Batam.com),  Febryan/ Rian (Suarakepri.com), Jhony Prasetya (Probatam.co), Tengku Irwansyah (Tanjungpinang Post) dan Wandy (BatamToday.com) dari ke lima orang tersebut 4 orang diantaranya adalah anggota PWI Kabupaten Lingga.’’ imbuh Jhony.

Menurut Jhony dengan demikian, kelima wartawan Kabupaten Lingga tersebut resmi menjadi anggota tim kerja FJPP dan telah mengikuti pembekalan melalui zoom meeting, sekaligus kegiatan sosialisasi FJPP gelombang I (pertama), yang diikuti oleh 3.517 wartawan dari seluruh Indonesia yang lolos seleksi tahap verifikasi. Kegiatan pembekalan melalui zoom meeting ini menghadirkan Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Pusat, Letnan Jenderal, Doni Monardo dan Agus Sudibyo dari Dewan Pers.

‘’kita berharap bisa bekerja secara maksimal, mengawasi pelaksanaan protokol kesehatan, mengkampanyekan perubahan perilaku/protokol kesehatan, dan memberikan contoh yang baik sesuai dengan amanah dan tanggungjawabnya.’’ imbuh jhony.(Laporan Dwi Lingga)