Lingga Satu
Lingga

Museum Timah Singkep Resmi Dibuka

LINGGASATU.COM – Bangunan pendukung yang berada di jalan Pagoda Dabo Singkep atau yang lebih dikenal oleh masyarakat Kabupaten Lingga dengan sebutan bangunan Pagoda hari ini resmi digunakan sementara untuk Museum Timah Singkep. Mewakili Bupati Lingga Alias Wello, Asisten II bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Lingga Yusrizal membuka secara resmi Museum tersebut.

Pada kesempatan tersebut Yusrizal dalam sambutannya mengatakan, Museum tersebut dibangun bertujuan untuk ilmu pengetahuan, teknologi, serta untuk menarik perhatian wisatawan yang berkunjung atau untuk berkunjung ke Kabupaten Lingga, mengingat sejarah kejayaan Timah di Kabupaten Lingga pada masa lampau yang sangat dikenali oleh wilayah luar Kabupaten Lingga.

“Selain untuk mengenang masa kejayaan timah, pentingnya dibangun museum tersebut juga untuk wadah riset penelitian para pelajar dan ahli sejarah, hal ini dibuktikan dengan keberadaan Museum Linggam Cahaya yang ada di Daik Lingga yang ramai dikunjungi oleh masyarakat” kata Yusrizal, Kamis (23/5)

Lebih lanjut dikatakan oleh Asisten II Pemkab Lingga ini, tingginya animo masyarakat yang turut mendukung keberadaan Museum tersebut terlihat dari penghibahan benda-benda milik pribadi peninggalan pada masa lampau pertambangan timah. Pembangunan museum ini juga merupakan bentuk kerja nyata dari Dinas Kebudayaan Kabupaten Lingga yang jeli dalam mengangkat kearifan lokal yang ada di Kabupaten Lingga.

Asisten II yang mewakili Bupati Lingga ini juga berharap keberadaan museum ini dapat mendatangkan manfaat bagi masyarakat serta pemerintah dalam menuju Lingga Terbilang. Ia juga berharap kepada masyarakat yang mempunyai benda-benda yang terkategori cagar budaya ikut termotivasi dan berperan serta untuk menghibahkan koleksinya untuk meramaikan koleksi museum tersebut.

Acara peresmian yang dihadiri oleh Kapolres Lingga, Kajari Lingga, Danlanal dan sejumlah tokoh agama dan masyarakat serta mantan karyawan Timah UPTS Dabo juga tampak hadir anggota DPRD Kabupaten Lingga selanjutnya dilakukan pemotongan pita oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lingga Ibu Hj. Heryulita.

Editor : Fikri
Penulis : Prasetya